Distributor IP Camera dan CCTV di Jakarta

Banyak masyarakat awam yang tidak memahami perbedaan signifikan dari CCTV dengan IP camera. Beberapa distributor IP camera memang tidak membuat penjelasan secara begitu detail mengenai perbedaan kedua benda ini. Sebenarnya, IP camera merupakan salah satu teknologi terupgrade dari CCTV analog. Layaknya teknologi yang selalu berkembang, kini kehadiran IP camera terbilang dapat menggantikan posisi CCTV analog.

Mengenal IP Camera lewat Distributor IP Camera

Sebelum mengenal IP camera sebaiknya kita mengenal apa itu CCTV analog karena dua hal ini saling berkaitan satu sama lain. CCTV analog adalah perangkat kamera analog yang tersambung pada televisi analog pula. Sambungan kabel ini disebut coax. CCTV analog masih menggunakan sinyal analog dan memiliki banyak noise pada saat merekam. Beberapa jenis CCTV analog adalah NTSC, PAL dan SECAM.

Berawal dari trobosan dari CCTV analog muncullah sebuah alat bernama IP camera. Berbeda dengan CCTV analog yang mengandalkan sinyal analog, IP camera sudah lebih canggih dengan memanfaatkan sistem komputer. Hasil gambar yang diperoleh juga cenderung lebih berkualitas dibandingkan dengan CCTV analog. Kecanggihan lainnya adalah tersambung dengan internet sehingga bisa Anda pantau bahkan hanya dengan memanfaatkan penggunaan gadget saja. Kecanggihan ini membuat banyak konsumen beralih dari CCTV analog ke IP camera. Itulah sebabnya banyak bermunculan distributor IP camera baru.

Distributor IP camera biasanya menyediakan banyak sekali pilihan IP camera yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dana Anda masing-masing. Selain menjual produk secara terpisah, beberapa diantara mereka menawarkan paket IP camera lengkap dengan pemasangan dan perawatan selama kurun waktu tertentu. Berikut merupakan beberapa jenis IP Camera yang biasa disediakan oleh para distributor.

1 ) IP Camera Indoor

Jenis IP camera ini digunakan untuk kondisi di dalam ruangan. Daya tahan yang dimiliki oleh IP camera indoor cenderung standar dengan desain khusus untuk kondisi indoor yang relatif aman dari cuaca dan suhu yang berubah secara drastis. IP camera ini juga dibentuk secara khusus agar dapat memberikan kualitas gambar yang baik meskipun dengan pencahayaan yang sangat minim. Beberapa contoh jenis IP camera indoor adalah Samsung SNV-7080P, Axis M5013-V, Microlexus MNI 2120 WF, dan masih banyak lagi.

2 ) IP Camera Outdoor

Jenis kedua ini merupakan jenis IP Camera yang digunakan untuk di luar ruangan. Berbeda dengan jenis indoor yang memiliki ketahanan standar, IP camera outdoor ini didesain dengan daya tahan tinggi. Daya tahan ini diharapkan akan melindungi kamera dari masalah-masalah luar ruangan seperti cuaca, suhu, area yang lebih luas dan tingkat kelembaban. Beberapa contoh tipe IP camera outdoor adalah Axis PS414-E, Microlexus MNO 2020 WF, Samsung SNV-7080RP dan lain-lain.

3 ) Standar Basic, Advanced dan Expert

Selain berdasarkan lokasi penempatannya, distributor IP camera biasanya membagi pilihan menjadi Standar Basic, Advanced dan Expert. IP camera standart biasanya hanya berfokus pada satu titik sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak fitur. Untuk IP camera advanced memiliki fitur yang lebih banyak seperti bergerak, ZPT, Zoom, dll. Sedangkan IP camera Expert digunakan untuk kondisi tertentu seperti di dalam air, hutan dan lain-lain.

Itulah beberapa tipe atau jenis kamera yang bisa didapatkan di distributor IP camera. Penggunaan IP camera dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan tolak ukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *