Membangun Rumah Kecil di Lahan Sempit

rumah kecil

Membangun rumah di lahan yang sempit memang akan menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Hal ini karena anda tidak akan bisa bebas berkreasi melainkan harus didesain dengan benar dan tidak boleh ada kesalahan sedikitpun.

Membangun rumah yang kecil di lahan sempit tidak bisa dilakukan asal jadi melainkan harus memperhatikan kenyamanannya juga. Selain itu faktor keindahan juga tidak boleh luput dari perencanaan.

rumah kecil

Beberap tips di bawah ini akan membantu anda mendesain rumah kecil di lahan yang sempit atau bisa juga membantu anda mendekor ulang rumah yang telah ada.

  1. Minimalkan Sekat dalam Rumah

Rumah yang terlalu banyak sekat sebagai pembatas ruangan akan membuatnya terkesan sempit dan sumpek. Hindari terlalu banyak sekat, sebagai gantinya anda bisa menyiasatinya dengan menyatukan dua ruangan menjadi satu, seperti ruang dapur bersama ruang makan, ruang tamu dan ruang keluarga.

  1. Membangun Atap yang Tinggi

Membangun atap yang tinggi akan menimbulkan kesan yang luas dalam rumah. Selain itu atap yang tinggi juga akan membuat rumah berasa lebih sejuk meskipun tanpa AC.

  1. Pilih Warna Cat yang Tepat

Pemilihan warna cat sangat penting bagi sebuah rumah. Anda bisa menggunakan warna terang untuk membuat rumah tampak luas. Penggunaan warna gelap akan menimbulkan kesan rumah menjadi semakin sempit.

  1. Pemilihan Furnitur

Furnitur juga akan sangat menentukan bagi rumah kecil, furnitur yang salah akan membuat rumah tampak penuh sesak dan membuat penghuninya susah untuk bergerak secara bebas. Pilihlah furnitur yang praktis dan memiliki fungsi yang baik, jangan hanya memikirkan furnitur karena bagus saja. Sesuaikan ukuran furnitur dengan luas ruangan anda. Jika anda kesulitan mendapat furnitur yang sesuai dengan ruangan anda, anda bisa memesannya ke tukang mebel secara pribadi.

  1. Manfaatkan Ruangan Terbuka

Lahan yang sempit bukan menjadi alasan untuk mendesain rumah yang membosankan. Sebaliknya anda bisa membuat kreasi rumah yang menarik. Untuk menghindari kesan sempit dalam rumah anda maka anda bisa memanfaatkan ruang terbuka. Contohnya adalah anda membuat ruang tamu di luar rumah. Ruang tamu ini bisa anda tempatkan di teras. Ini akan membuat anda menciptakan ruang tamu terbuka yang nyaman. Dengan begitu anda bisa memanfaatkan ruang dalam rumah sebagai ruangan lain.

Jual rumah kecil berbagai tipe di Surabaya dan Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *