4 Bakteri Berbahaya yang Bersembuyi di Kamar Mandi

Jenis-jenis bakteri di kamar mandi
• E-coli
Nama bakteri e-coli mungkin tidak lagi terdengar dengan telinga kita. Bakteri ini sebenarnya adalah bakteri baik yang dibutuhkan dalam tubuh kita, yang ada di saluran pencernaan. Bakteri E-coli di perut bagian dalam akan membantu proses penguraian halus. Tetapi jika jumlah e-coli melebihi angka normal, bukan tidak mungkin bakteri baik ini berbahaya bagi kesehatan perut manusia.
Bahaya yang dapat disebabkan oleh bakteri e-coli termasuk muntah, demam, kram perut, diare, dan penyakit kolera yang dapat berakibat fatal jika tidak mendapat perhatian medis.
Bakteri e-coli ini ditemukan pada pencernaan manusia dan hewan, toilet kamar mandi akan secara otomatis menjadi tempat paling umum untuk bakteri e-coli. Namun tidak hanya di toilet kamar mandi, e-coli juga tersedia di lantai kamar mandi, sabun atau furnitur kamar mandi termasuk pemegang pintu kamar mandi.
Cara membersihkan e-coli adalah dengan mencuci seluruh kamar mandi toilet dengan hati-hati, termasuk permukaan dan bawah tempat duduk toilet setiap hari. Bersihkan dengan baik seluruh permukaan cermin dan perabotan dengan kain bersih setiap hari. Cara mencegah terjadinya bakteri e-coli adalah mencuci tangan Anda dengan rajin setelah menggunakan toilet atau kamar mandi di mana pun Anda berada.

Baca juga : Listening IELTS, IELTS Writing dan Speaking IELTS

• Streptokokus
Sesuai dengan namanya, bakteri streptococcus adalah sejenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit streptokokus. Penyakit ini adalah penyakit yang umum terjadi karena ada terlalu banyak bakteri streptokokus. Komplikasi termasuk gangguan tenggorokan, pernapasan dan demam tinggi. Penyakit Streptococcus juga dapat ditingkatkan menjadi penyakit fatal karena perawatan tanpa komplikasi, termasuk demam rematik, demam tinggi (demam merah) dan masalah kesehatan ginjal.
Bakteri ini sangat mudah terinfeksi dengan kulit manusia, terutama tangan. Jadi cara paling ampuh untuk membersihkan diri dan sekaligus mencegah penyebaran bakteri streptokokus adalah dengan menjaga keadaan kebersihan tangan kita, antara lain:
• Pelajari cara mencuci tangan dengan sabun yang cukup dan lengkap – termasuk bagian bawah kuku, telapak tangan dan punggung tangan Anda.
• Tingkatkan frekuensi cuci tangan, terutama di pagi hari karena aktivitas tinggi di pagi hari hingga siang hari.
• Hindari menggunakan handuk tangan untuk tangan dan wajah.

Selain menjaga kebersihan tangan, Anda juga bisa mengganti sabun batangan untuk membungkus kemasan sabun cair di kamar mandi. Gunakan berbagai ukuran dan fungsi yang berbeda untuk setiap anggota keluarga dan tamu di rumah.

• Paratuberculosis
Bakteri ini adalah subspesies mycobacterium avium yang merupakan pemicu penyakit radang usus atau juga dikenal sebagai penyakit Crohn. Penyakit ini akan menyebabkan peradangan atau pembengkakan di lapisan dalam pencernaan manusia, menyebabkan diare, mual / muntah, kelelahan dan penurunan berat badan.
Penelitian menunjukkan bahwa penyebaran bakteri paratuberculosis adalah melalui udara atau kontak pernafasan, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa bakteri ini juga dapat ditularkan melalui mandi atau mandi. Bakteri ini sering tumbuh terutama di pancuran yang jarang digunakan di kamar mandi.
Cara menghilangkan bakteri ini adalah dengan menekan air dari tempat shower selama beberapa menit sebelum digunakan. Karena itu, bakteri yang mengendap di kamar mandi akan terbuang bersama dengan air. Cara mencegahnya adalah membersihkan kamar mandi dan tidak memasang shower di kamar mandi jika tidak digunakan secara teratur.

• Salmonella
Salmonella adalah sejenis bakteri yang hidup di tubuh manusia dan bagian dari pencernaan hewan. Infeksi Salmonella, juga dikenal sebagai salmonellosis, dapat terjadi ketika bakteri ini tumbuh di saluran pencernaan. Manusia juga sering terkena kasus bakteri salmonella yang beracun dari masakan yang tidak dimasak, terutama ayam dan babi.
Cara terbaik untuk mencegah penyebaran bakteri salmonella adalah dengan menutup toilet ketika akan disiram. Selain itu, menjaga kebersihan tangan setelah menggunakan toilet juga sangat penting.
Jika Anda mengalami sakit perut, diare, mual / muntah dan sakit kepala tanpa alasan yang jelas, Anda mungkin memiliki bakteri salmonella. Jika demikian, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah segera membersihkan kamar mandi dengan hati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *