Mengenal Hukum Kurban Menurut Ajaran Islam untuk Menambah Pengetahuan Anda

Di dalam agama islam, melakukan kurban dengan penyembelihan kurban setelah selesai menunaikan sholat idul adha merupakan suatu hal yang wajib bagi orang yang memiliki ke lapangan harta. Sedangkan berkurban memiliki hukum sunnah bagi orang yang tidak memiliki kemampuan untuk berkurban. Sedangkan berkurban merupakan suatu ibadah yang sangatlah mulia yang sangat dianjurkan untuk dilakukan demi mendekatkan diri kepada Allah serta untuk mengharapkan ridho Allah. Memang pada dasarnya hukum kurban adalah sunnah yang tidak diperbolehkan untuk ditinggalkan, oleh sebab itulah lakukan sunnah ini dengan sebaik mungkin.

 

Memberikan hewan qurban yang terbaik dan sempurna merupakan suatu hal yang diwajibkan oleh semua para umat islam yang ingin menjalankan ibadah kurban. Karena hewan yang ditetapkan untuk kurban pun juga telah ditetapkan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi agar ibadah kurban Anda dapat sah di hadapan Allah. Allah sangat menyukai para hambanya yang menghabiskan sebagian harta nya untuk melakukan ibadah. Dan melakukan ibadah sebanyak apapun jumlah uangnya maka Allah memberikan jaminan bahwa Anda tidak akan miskin dengan memberikan harta Anda untuk ibadah, justru rezeki Anda akan lancar dan dimudahkan.

 

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kurban, maka alangkah baiknya jika Anda mengenal hukum kurban terlebih dahulu untuk menambah pengetahuan Anda serta agar Anda dapat membedakan hal-hal yang harus Anda lakukan dan hal-hal yang harus Anda tinggalkan. Karena memang pada dasarnya melakukan ibadah kurban tidak di lakukan dengan cara yang sembarangan, oleh sebab itulah Anda harus mengetahui secara detail mengenai hukum kurban yang ada.

 

Menurut ajaran agama islam, maka berkurban juga akan memberikan banyak manfaat bagi para pelaku kurban yang melakukan kurban dengan keikhlasan dan kelapangan dadanya dalam hal merelakan hartanya untuk ibadah demi mendekatkan diri kepada Allah, yaitu sebagai berikut ini:

 

  1. Sebagai cara untuk mendekatkan diri antara umat manusia dengan sang pencipta.
  2. Sebagai rasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah.
  3. Menghindarkan para umat islam dari sikap yang tamak dan rakus.
  4. Mempererat tali persaudaraan antara umat muslim.
  5. Saling berbagi pada masyarakat miskin yang membutuhkan.
  6. Dapat melancarkan jalan rezeki.
  7. Membiasakan diri dengan keikhlasan harta.

 

Melakukan kurban bagi para masyarakat yang mampu merupakan suatu hal yang telah diwajibkan oleh Allah. Karena hewan yang nantinya akan dijadikan sebagai kurban adalah hewan yang sempurna serta terbaik, sedangkan pada harga hewan itu sendiri pun juga tidaklah murah, oleh sebab itulah bagi orang yang mampu saja yang dapat untuk membelinya. Sedangkan untuk masyarakat yang minim dalam hal perekonomiannya, tentu akan merasa keberatan jika berkurban itu diwajibkan. Allah tidak akan pernah memberatkan para hambanya, terlebih lagi bagi para hambanya yang miskin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *