Obat Nitrofurantoin untuk Mengobati Infeksi Kemih

Obat Nitrofurantoin
Obat Nitrofurantoin

Obat Nitrofurantoin untuk Mengobati Infeksi KemihObat Infeksi urin – sering disebut infeksi saluran kemih (atau hanya, UTI) oleh dokter. Sebagian besar infeksi urin disebabkan oleh kuman (bakteri) yang berasal dari usus Anda sendiri. Mereka biasanya mudah diobati dengan obat antibakteri singkat seperti nitrofurantoin. Terkadang, pengobatan jangka panjang diperlukan untuk mencegah infeksi agar tidak kembali. Nitrofurantoin bekerja dengan membunuh bakteri penyebab infeksi.Infeksi urin sering disebut infeksi saluran kemih (atau hanya, UTI) oleh dokter. Sebagian besar infeksi urin disebabkan oleh kuman (bakteri) yang berasal dari usus Anda sendiri. Mereka biasanya mudah diobati dengan obat antibakteri singkat seperti nitrofurantoin. Terkadang, pengobatan jangka panjang diperlukan untuk mencegah infeksi agar tidak kembali. Nitrofurantoin bekerja dengan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Tentang nitrofurantoin

Jenis obatnya : Antibakteri

Digunakan untuk – Infeksi saluran kemih (ISK) pada orang dewasa dan anak-anak di atas usia 3 bulan

Disebut juga – Macrobid

Tersedia sebagai – Tablet, kapsul, dan kapsul pelepasan yang berkepanjangan

Sebelum mengkonsumsi nitrofurantoin

Beberapa obat-obatan tidak sesuai untuk orang dengan kondisi tertentu, dan terkadang obat hanya bisa digunakan jika perawatan ekstra dilakukan. Untuk alasan ini, sebelum Anda mulai mengkonsumsi nitrofurantoin, penting bagi dokter Anda untuk mengetahui:
Jika Anda hamil atau menyusui. Meskipun nitrofurantoin dapat dikonsumsi selama kehamilan, masih penting bagi dokter untuk hamil.

• Jika Anda memiliki masalah dengan cara kerja hati Anda, atau jika Anda memiliki masalah dengan cara kerja ginjal Anda.

• Jika Anda menderita diabetes gula (diabetes mellitus).

• Jika Anda diberi tahu bahwa Anda menderita anemia, atau jika Anda memiliki kadar vitamin B atau asam folat rendah.

• Jika Anda memiliki masalah pernapasan.

• Jika Anda memiliki masalah di mana saraf Anda menyebabkan rasa sakit atau mati rasa, yang disebut neuropati perifer.

• Jika Anda diberi tahu bahwa Anda memiliki salah satu kondisi warisan berikut: kekurangan porfiria atau glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD).

• Jika Anda mengkonsumsi obat lain. Ini termasuk obat-obatan yang tersedia untuk dibeli tanpa resep dokter, serta obat-obatan herbal dan komplementer.

• Jika Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap obat.

Cara mengambil nitrofurantoin

Sebelum memulai perawatan, bacalah brosur informasi pembuat dari dalam kemasan. Ini akan memberi Anda lebih banyak informasi tentang nitrofurantoin, dan juga akan memberi Anda daftar lengkap efek samping yang dapat Anda alami dari mengambilnya.

Ambil tablet nitrofurantoin / kapsul persis seperti yang dikatakan dokter Anda. Dosis Anda akan tergantung pada apakah Anda sedang dirawat karena Anda memiliki infeksi, atau untuk mencegah infeksi agar tidak kembali.

Petunjuk untuk mengambil dosis Anda akan tercetak di label kemasan tablet / kapsul untuk mengingatkan Anda tentang apa yang dikatakan dokter kepada Anda.Ambillah masing-masing dosis dengan camilan atau setelah makan.

Tempatkan mereka secara merata sepanjang hari – ini berarti bahwa tablet / kapsul yang diresepkan empat kali sehari harus dilakukan setiap enam jam, resep yang diberikan dua kali sehari harus diambil setiap 12 jam, dan resep yang diberikan sekali sehari harus diambil setiap 24 jam.

Terus minum tablet / kapsul sampai selesai. Adalah penting Anda melakukan ini bahkan jika Anda merasa sehat, jika tidak, infeksi Anda mungkin akan kembali. Kebanyakan orang yang memakai nitrofurantoin diberi resep pengobatan singkat yang biasanya berlangsung antara 3-7 hari.

Jika Anda memiliki beberapa infeksi urin dalam waktu singkat, dokter Anda akan meresepkan pengobatan yang lebih lama untuk Anda, seringkali selama enam bulan.Jika Anda lupa untuk mengambil dosis pada waktu yang biasa, bawa begitu Anda ingat. Cobalah untuk mengambil jumlah dosis yang benar setiap hari tapi jangan minum dua dosis sekaligus untuk menebus dosis yang tidak terjawab.Mendapatkan yang terbaik dari perawatan Anda

Kebanyakan orang membaik dalam beberapa hari setelah memulai pengobatan. Jika gejala Anda tidak membaik meski mengkonsumsi nitrofurantoin, kembalilah menemui dokter Anda, karena Anda mungkin memerlukan antibiotik alternatif. Ini karena beberapa bakteri resisten terhadap beberapa jenis antibiotik.Nitrofurantoin bisa mengubah warna urine menjadi kuning / coklat. Ini sangat tidak berbahaya.

Jika Anda membeli obat-obatan, tanyakan kepada apoteker bahwa mereka cocok untuk dikonsumsi bersama nitrofurantoin. Beberapa antasida dapat mengganggu nitrofurantoin dan menghentikannya bekerja dengan benar.Jika Anda mengonsumsi pil kontrasepsi sekaligus antibiotik ini, keefektifan ‘pil’ dapat dikurangi jika Anda memiliki penyakit (muntah) atau diare yang berlangsung lebih dari 24 jam. Jika ini harus terjadi, mintalah nasihat dokter atau apoteker tentang tindakan pencegahan kontrasepsi tambahan yang akan digunakan selama beberapa hari berikutnya. Tidak perlu menggunakan tindakan pencegahan tambahan untuk setiap serangan penyakit atau diare yang berlangsung kurang dari 24 jam.Jika Anda menjalani perawatan medis atau gigi, beritahu orang yang melakukan perawatan bahwa Anda menggunakan nitrofurantoin. Hal ini karena bisa mempengaruhi hasil beberapa tes diagnostik.

Nitrofurantoin dapat menghentikan vaksin tipus oral agar tidak bekerja. Jika Anda memiliki vaksinasi saat Anda mengkonsumsi nitrofurantoin, pastikan orang yang merawat Anda tahu bahwa Anda memakainya.Bisakah nitrofurantoin menimbulkan masalah?Seiring dengan efek bermanfaatnya, sebagian besar obat-obatan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan meskipun tidak semua orang mengalaminya. Tabel di bawah ini berisi beberapa yang terkait dengan nitrofurantoin. Anda akan menemukan daftar obat lengkap di selebaran informasi pabrikan yang disertakan dengan obat Anda. Efek yang tidak diinginkan sering kali membaik saat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan obat baru, namun bicaralah dengan dokter atau apoteker Anda jika ada hal berikut yang berlanjut atau menjadi merepotkan.
Penting : dokter Anda akan mendiskusikan dengan Anda kemungkinan efek samping yang kurang umum yang dapat mempengaruhi paru-paru Anda. Anda harus segera memberi tahu dokter Anda jika Anda mengalami hal berikut:

Kesulitan bernapas, nyeri di dada, batuk, menggigil, atau suhu tinggi (demam)

Jika Anda mengalami gejala lain yang menurut Anda mungkin disebabkan oleh obatnya, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda untuk saran lebih lanjut.

Cara menyimpan nitrofurantoin

• Jauhkan semua obat dari jangkauan dan penglihatan anak-anak.

• Simpan di tempat sejuk dan kering, jauh dari panas dan cahaya langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *