Mengenal Fungsi Alat Defibrillator Sebagai Alat Pacu Jantung

Ada banyak sekali macam dan ragam alat – alat kesehatan. Terutama yang digunakan di Rumah Sakit. Tidak hanya itu, alat kesehatan juga banyak digunakan di regu penolong atau team SAR yang sering bertugas di lapangan. Salah satu alat yang digunakan di berbagai tempat adalah Defibrillator. Mungkin tidak banyak dari anda yang mengenal alat ini, namun apabila anda melihat, maka dapat saya pastikan anda sudah pernah melihatnya.

Oke, pada kesempatan ini, penulis ingin berbagi informasi seputar alat tersebut. Pertama pengertian defibrillator. Berasal dari bahasa Inggris yang bermakna alat yang berfungsi untuk fibrillasi (getaran). Secara umum, defibrillator merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal karena satu hal.

Kalau kita bicarakan prinsip kerjanya, alat ini bekerja dengan menggunakan energi listrik. Sengatan listrik dilakukan dengan memindahkan energi dari dua buah Pad Elektroda ke dada pasien. Jumlah energi yang diberikan telah ditentukan dengan ukuran tertentu. Dengan sengatan tersebut jantung menjadi terkejut dan kemudian memulai getarannya kembali dengan normal.

Ada dua macam jenis defibrillator yang umum dijumpai di masyarakat, yaitu AED dan Defibrillator monitor. AED disebut juga dengan defibrillator portable. Perbedaan kedua jenis alat ini adalah pada fiturnya. Defibrillator manual bisa berfungsi sebagai AED sedangkan AED tidak bisa berfungsi sebagai defib manual. Harga defibrillator portable juga lebih murah bila dibandingkan dengan defibrillator manual. Hal, ini karena fungsi dan sepesifikasinya yang lebih ringan dari pada jenis manual.

Defibrillator portable penggunaannya lebih cenderung untuk pertolongan darurat di lapangan, seperti di hotel, bandara, laut, dan tempat – tempat umum lainnya. Sedangkan defibrillator manual digunakan di dalam Rumah Sakit, walaupun tidak menutup kemungkinan defibrillator manual juga bisa digunakan di lapangan karena terdapat juga baterai di dalamnya.

Anda ingin mengetahui informasi harga dua jenis defibrillator ini ? Emmm, untuk urusan harga yang pasti diatas 20 juta. Namun untuk lebih tepatnya, anda bisa kunjungi website resmi distributor alat kesehatan yang menjual berbagai maacam model defibrillator. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *