Mengenal Apa Itu Alat Sterilisasi Autoclave

Autoclave

Tentu akan sangat terasa aneh jika sebuah laboratorium klinik atau rumah sakit tidak mempunyai alat sterilisasi seperti autoclave. Terlebih lagi jika ternyata itu adalah sebuah laboratorium genetika, mikrobiologi, biologi atau yang sejenisnya yang memerlukan proses sterilisasi pada alat atau bahan yang digunakan pada proses pemeriksaan dan penelitian.

Jika saat ini anda berencana untuk menyediakan autoclave untuk kebutuhan laboratorium ada baiknya sebelum membeli pahami terlebih dahulu segala hal tentang autoclave terutama fungsi dan cara kerjanya agar nantinya tidak terjadi kecelakaan kerja di dalam laboratorium dikarenakan kesalahan penggunaan.

Pengertian Autoclave
Autoclave merupakan sebuah alat pemanas tertutup yang mampu menghasilkan suhu uap dan tekanan tinggi dengan rentan waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 15 menit saja. Autoclave ini sering kali disamakan dengan istilah sterilizer yang pada dasarnya kedua istilah ini memiliki arti yang sama, Cuma berbeda pada tempat penggunaannya saja. Untuk istilah autoclave biasanya dipakai pada laboratorium sedangkan sterilizer dalam aplikasi medis dan farmasi.

Fungsi Autoclave
Dari penjelasan di atas tadi tentu anda sudah tahu apa fungsi dari Autoclave ini. Yaitu sebagai alat sterilisasi alat dan bahan serta untuk membunuh berbagai mikroorganisme atau dikenal dengan istilah dekontaminasi. Bahkan endospore yang dikenal sangat sulit dimusnahkan, ternyata Autoclave ini mampu untuk melakukannya.

Cara Kerja Autoclave
Cara kerja dari Autoclave adalah dengan menggunakan uap bersuhu dan bertekanan tinggi yang terdapat di dalam sebuah chamber hampa udara. Tekanan dan suhu yang diperoleh dipengaruhi oleh kuantitas waktu dan pengaturan yang sudah diatur sebelumya pada Autoclave. Proses sterilisasi sendiri biasanya terjadi ketika suhu di dalam Autoclave sudah mencapai 121°C.

Lamanya waktu yang diperlukan dipengaruhi oleh bebrapa faktor seperti jumlah dan jenis objek yang akan disterilkan. Semakin banyak jumlah benda atau alat yang dimasukan tentu saja akan memakan waktu yang semakin lama, terutama untuk mencapai suhu sterilisasi. Hal ini dikarenakan transfer panas yang terjadi di dalamnya mengalami perlambatan sehingga perpanjangan suhu akan diperlukan untuk memastikan terjadinya proses sterilisasi berjalan semestinya. Namun secara umum rentan waktu yang diperlukan hanya sekitar 10 sampai 15 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *