11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe {PxHere}
Jahe adalah ramuan kuliner atau bumbu yang berasal dari Asia, namun sekarang sudah banyak ditumbuhkan di daerah yang lebih hangat di dunia. Beberapa menyebutnya sebagai akar jahe, karena berkembang di bawah tanah, dan yang lainnya mengatakan bahwa itu adalah rimpang, yang lebih merupakan tangkai, bukan akar. Tapi tidak peduli apa yang Anda suka untuk menyebutnya, ini adalah ramuan yang sangat bermanfaat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jahe adalah tanaman abadi berbunga dengan bunga kuning-hijau dan putih. Ada banyak jenis jahe, dan tergantung varietasnya, dagingnya bisa berwarna putih, merah atau krem.

Ini memiliki rasa pedas yang akan meningkatkan rasa hampir setiap makanan atau minuman. Aroma gurihnya saja sudah cukup untuk menghidupkan dapur atau ruangan rumah lainnya.

Sistem pencernaan

Jahe telah berabad-abad digunakan untuk membantu meringankan masalah pencernaan seperti kembung, gas, kram, mulas, mual dan diare. Hal ini disebabkan oleh gingerols yang membantu menghasilkan lebih banyak cairan pencernaan untuk memecah makanan di saluran pencernaan Anda. Efek pemanasan jahe bisa membantu memperbaiki sirkulasi, yang juga bermanfaat bagi sistem pencernaan Anda.

Kesehatan jantung

Jahe membantu membuka pembuluh darah dengan mengurangi trigliserida dan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini pada gilirannya membantu menjaga agar pembuluh tetap lembut sehingga Anda dapat menghindari aterosklerosis yang merupakan faktor risiko utama stroke.

Memiliki Zat Anti Kanker

Studi menunjukkan bahwa jahe memiliki agen pertarungan anti kanker yang dapat menyerang sel kanker dan menghancurkannya. Menurut penelitian ini jahe dapat membantu Anda melawan kanker payudara, ovarium, kulit dan usus besar. Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menjaga tubuh Anda terbebas dari racun sehingga Anda bisa terhindar dari kanker sama sekali.

Pikiran Sehat

Antioksidan dalam jahe membantu menghilangkan endapan berbahaya di sekitar otak yang berkontribusi pada Parkinson dan Alzheimer. Aroma jahe saja bisa membantu mempertajam pikiran dan memperbaiki ingatan Anda.

Anti-inflamasi

Jahe mengandung zat antiinflamasi yang membantu meredakan pembengkakan dan nyeri akibat artritis. Menambahkan jahe ke makanan Anda tidak akan menawarkan bantuan segera, namun ini dapat membantu mencegah rasa sakit dan pembengkakan agar tidak terjadi lagi. Untuk bantuan segera Anda bisa menggunakan jahe parut secara topikal ke daerah yang meradang. Gingerols akan segera bekerja untuk menghangatkan dan menenangkan sendi atau otot yang meradang.

Membantu asma

Jahe juga membantu membersihkan saluran napas dari semua penumpukan lendir sehingga Anda bisa bernapas lebih mudah lagi.

Membantu Diabetes

Satu studi yang dilakukan pada tikus diabetes, menunjukkan bahwa manfaat jahe dapat membantu mencegah kerusakan pada ginjal.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting jika Anda ingin menghindari penyakit dan penyakit serius. Jahe membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh Anda yang memakai sistem kekebalan tubuh bawah.

Mengontrol Bau Badan

Jahe membantu menghangatkan tubuh di bagian dalam untuk meningkatkan keringat. Hal ini pada dasarnya membantu tubuh Anda untuk menghilangkan racun yang menyebabkan bau badan.

Menambahkan Jahe ke Menu Diet Anda

Jahe cukup mudah ditambahkan ke makanan harian Anda. Akar sederhana jahe dengan taburi di aduk-tumis Anda, dalam hidangan daging dan kentang. Anda juga bisa menikmati teh jahe segar dengan memeras jahe parut dalam air panas selama sekitar 10 menit.

Sebagai Obat Asam Urat

Jahe diyakini memiliki manfaat sebagai obat asam urat yang benar-benar berkhasiat dikarenakan zat yang terkandung didalamnya mampu meredakan rasa nyeri sendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *