Penyebab Nyamuk Menjadi Kebal Akan Fogging

Fogging nyamuk dipercaya menjadi salah satu solusi untuk membasmi virus demam berdarah. Hal ini karena fogging nyamuk mengandung zat kimia yang dapat membunuh nyamuk dewasa yang membawa virus demam berdarah dangue. Fogging nyamuk akan dilakukan apabila telah terdeteksi adanya laporan tentang korban demam berdarah. Selain itu fogging nyamuk juga memiliki prosedur tersendiri dari departemen kesehatan sebelum diambilnya tindakan fogging nyamuk.

Prosedur dari departemen kesehatan sebelum melakukan tindakan fogging nyamuk diawali dengan laporan akan adanya korban yang menderita demam berdarah. Kemudian disusul oleh penyelidikan  epidemiologi  untuk memastikan tindakan yang mesti diambil. Lalu pemeriksaan lokasi untuk mengetahui wabah dan titik yang menjadi penyebab. Setelah itu baru tindakan bisa dilakukan. Namun akhir-akhir ini beredar kabar bahwa fogging nyamuk tidak dapat lagi dilakukan karena dianggap tidak efektif. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa nyamuk kebal akan fogging nyamuk.

Berita tersebut memang sudah lama terdengar namun sayangnya tidak ada bukti yang menunjukan akan kepastian hal tersebut sehingga terkadang dianggap hoax. Pada tahun 2015 guru besar fakultas kedokteran hewan institute pertanian bogor melakukan penelitian akan hal tersebut dengan mengambil sampel pada 35 kelurahan di Kota Bogor. Hasil dari penelitan tersebut menunjukan bahwa terdapat tiga golongan insektisida yang sudah tidak mempan terhadap nyamuk aegypti. Bahkan sekitar 80% nyamuk kebal terhadap lebih dari satu golongan insektisida.

Dari hasil penelitian yang dilakukan guru besar fakultas kedokteran hewan institute pertanian bogor menunjukan ada beberapa poin yang menjadi penyebab nyamuk menjadi kebal diantarnya adalah:

  • Rotasi dan resistensi penggunaan bahan kimia pada fogging

Rotasi dan resistensi menjadi salah satu penyebab yang mana menunjukan bahwa penggunaan bahan kimia secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan nyamuk menjadi kebal terhadap zat kimia tersebut.

  • Gaya hidup manusia modern

Sang peneliti juga mengungkapkan bahwa kini gaya hidup modern yang dimiliki masyarakat membuat mereka kurang perhatikan terhadap lingkungan dan ini menciptakan habitat atau tempat baru berkembangnya nyamuk aedes agypti.

  • Taman kota yang kurang diperhatikan

Taman taman kota juga bisa menjadi salah satu penyebab berkembangnya nyamuk penyebab demam berdarah. Nyamuk ternyata tidak hanya berkembang digenangan air melainkan juga di tanaman yang memiliki daun dengan kemampuan dapat menyimpan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *