Menunggu Debat Calon Gubernur DKI, Rupiah Melemah Tipis

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Jumat pekan ini. Sentimen pasar tertuju kepada depat calon gubernur DKI yang berlangsung nanti malam.

Mengutip Bloomberg, Jumat (27/1/2017) rupiah di buka di angka 13. 374 per dolar AS, melemah bila dibanding dengan penutupan perdagangan terlebih dulu yang berada di angka 13. 332 per dolar AS.

Rawan gerak rupiah tidak demikian lebar pada perdagangan hari ini. Mulai sejak pagi sampai siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13. 343 per dolar AS sampai 13. 381 per dolar AS. Bila dihitung dari pertama th., rupiah masih tetap dapat menguat 0, 83 %.

Sedang berdasar pada Kurs Rujukan Jakarta Interbank SPot Dollar Rate (JIsdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dibanderol di angka 13. 359 per dolar AS, melemah bila dibanding dengan patokan tempo hari yang berada di angka 13. 325 per dolar AS.

Dolar AS memanglah menguat sebelumnya setelah pernah tertekan. The Bloomberg Dollar Spot Index naik 0, 4 %. Mulai sejak pelantikan Donald Trump jadi Presiden AS memanglah dolar AS selalu terombang-ambing namun dengan kecenderungan menguat.

Sekarang ini aktor pasar cukup optimis kalau kebijakan-kebijakan yang digerakkan oleh Trump dapat mendorong perkembangan ekonomi negara itu. Sebelumnay Trump sudah mengambil keputusan untuk keluar dari Trans Pacific Partnership. Aktor pasar tengah menanti tindakan setelah itu dari Trump.

Baca juga: kurs dollar hari ini

” Tempat dolar AS memanglah masih tetap cukup lemah sekarang ini namun kelihatannya mulai terlihat ada keyakinan hingga mendorong penguatan, ” terang analis valuta asing Toronto Dominion Bank, Ned Rumpeltin.

Ekonom PT Samuel Sekuritas Rangga Cipta menerangkan, rupiah menguat tidak tebal pada perdagangan Kamis merespons sentimen dolar AS yang melemah. Penguatan rupiah pernah mendekati kisaran 13. 200 per dolar AS.

Sekarang ini, konsentrasi aktor pasar tertuju ke debat cagub DKI Jakarta II kelak malam – dinamika politik domestik yang dibarengi kecemasan gosip keamanan jadi satu diantara pengurang daya tarik aset rupiah. ” Rupiah berpeluang terkoreksi hari ini lihat dollar yang mulai tertahan penguatannya, ” terang dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *