Macam Alat Musik Tradisional Unik dari Nias

Alat Musik Tradisional Nias

Alat Musik Tradisional Nias serta langkah memainkannya, bersama keterangan serta gambarnya berniat ditulis untuk Anda. Kesengajaan ini dikerjakan untuk penuhi artikel yang berkaitan dengan arsip alat musik tradisionil Indonesia yang selalu di up-date dari saat kewaktu, sesuai sama saat serta mood dalam menulis.

Alat Musik Tradisional Nias

Alat Musik Tradisional Nias
Gambar Alat Musik Tradisional Nias

Kesempatan ini, giliran menulis mengenai artikel atau info alat musik jaman dahulu (dulu) suku Nias yang ciri khas serta unik. Info ini juga dinilai tidak kalah perlunya dengan artikel terlebih dulu, seperti : alat musik petik tradisionil, alat musik tradisionil Jawa Barat, serta alat musik yang lain.

Sebelumnya segera ke info inti, sebaiknya Kami berikan sepintas mengenai daerah Nias yang perlu untuk di kenali oleh Anda.

Berdasar pada pencarian yang kami kerjakan, Nias yaitu kepulauan yang terdapat di samping barat pulau Sumatera, Indonesia, serta dengan administratif ada dalam lokasi Propinsi Sumatera Utara (Sumut). Pulau ini adalah pulau paling besar serta paling maju diantara deretan pulau-pulau di pantai barat Sumatera serta ditempati oleh sebagian besar suku Nias (Ono Niha) yang masih tetap pilih budaya megalitik.

Daerah ini mempunyai tempat wisata perlu seperti selancar (surfing), tempat tinggal tradisionil, penyelaman, Fahombo (lompat batu), serta banyak yang beda.

Pulau yang memiliki luas dengan lokasi 5. 625 km² ini berpenduduk nyaris 900. 000 jiwa.

Agama sebagian besar di daerah ini yaitu Kristen protestan di mana 90% penduduknya memeluk agama ini, sedang bekasnya beragama Katolik, Islam, serta Budha. Masyarakat yang memeluk agama Islam biasanya ada di lokasi pesisir Kepulauan Nias.

Pada zaman dulu Pulau Nias mungkin terlihat kecil karena hanya memiliki 1 kabupaten saja, namun sekarang sudah tidak lagi, karena sekarang di Pulau Nias sudah terdapat 4 Kabupaten serta 1 Kota, yakni Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan, Kota Gunung Sitoli, serta Kabupaten Nias.

Oke, untuk Anda yang penasaran dengan apa sajakah alat musik tradisionil Nias, tersebut ada 6 yang kami kutip dari alatmusik.org.

1. Druri Dana

Druri Dana yaitu alat musik tradisionil yang unik berupa garpu tala. untuk Anda yang menginginkan memandangnya dapat dengan mendatangi museum daerah.

Alat musik tradisionil ciri khas suku nias menaikkan kekayaan budaya atau kesenian di propinsi Sumatera Utara dengan lokal serta Indonesia dengan nasional.

Bahan alat musik itu terbuat berbahan bambu. Umumnya digunakan bila ada pagelaran kesenian kebiasaan Nias.

2. Aramba

Aramba (gong) yaitu type alat musik tradisionil ciri khas suku nias ini terbuat dari logam besi, atau Kuningan. Sama dengan Gong biasanya. Aramba juga dimainkan lewat cara dipukul oleh tangan serta keluarkan nada yang begitu keras.

3. Fondrahi

Fondahi yaitu alat musik yang sama dengan gendang kecil, dahulu Fondahi cuma di pakai oleh ere atau beberapa pemuka agama untuk lakukan ritual atau persembahan pada dewa-dewa. Saat ini Fondahi dipakai sebagia salah kesenian musik ciri khas suku nias.

4. Lagia

Lagia yaitu nama satu diantara alat musik tradisionil nias. Alat musik Lagia nyaris sama juga dengan Rebab atau Biola. Bedanya Lagia di mainkan lewat cara menempatkannya di atas permukaan tanah atau apa sajakah lantas di mainkan lewat cara di gesek.

5. Göndra

Göndra atau gendang dalam bhs Indonesia yaitu satu diantara alat musik tradisionil ciri khas suku nias, tidak jauh berlainan dengan gendang biasanya. Alat musik Göndra terbuat dari kulit sapi atau kerbau, suaranya juga sama.

6. Nduri Mbewe

Duri Mbewe yaitu alat musik nias yang begitu unik. Alat musik yang berupa gitar perahu ini cuma mempunyai satu senar. Gitar satu senar ini cuma mempunyai satu suara saja, umumnya digabungkan dengan alat musik yang lain.

Pada akhirnya usai juga Kami memberitahukan pada Anda mengenai 6 alat musik tradisionil Nias. Bila ada yang kurang, silakan hubungi Kami lewat kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *